Penyebab Timbulnya Jerawat

Penyebab Timbulnya Jerawat

Darimana asalnya jerawat ??

Salah satu hal yang banyak jadi masalah mengenai kulit wajah adalah Jerawat. Ya, jerawat terkadang memang membuat "sebel" apalagi jika sesesorang yang sedang "falling in love" atau "pedekate" dengan seseorang terkadang agak minder kalau wajah sedang "ngadat" alias ada jerawat yang mampir didepan kulit wajah kita. Sebetulnya apa yang menjadi penyebab timbulnya jerawat ?, mari kita bahas untuk mencegah timbulnya jerawat yang lebih banyak diwajah kita.
Timbulnya jerawat tak disangka-sangka tiba-tiba "nongkrong" diwajah kita. Seperti Jelangkung yang datang tak diundang. Penyebab timbulnya jerawat pada intinya adalah kotoran. Ya kotoran diwajah adalah salah satu biang kerok dari masalah jerawat. Kotoran ini masuk kedalam pori-pori wajah, lalu timbullah infeksi pada kulit sehingga jerawat pun muncul. Nah, kalau faktor kotoran tentunya bisa dicegah, jika kita rajin mencuci muka secara teratur.

Selain penyebabnya adalah kotoran, penyebab lainnya adalah faktor hormonal. Faktor yang satu ini sangat susah untuk dicegah agar tidak timbul jerawat pada wajah kita. Biasanya faktor hormonal dialami remaja yang sedang masa pubertas. Pada masa pubertas perubahan hormonal pada tubuh sangatlah mempengaruhi kulit, terutama kulit wajah. Penyebab timbulnya jerawat yang lain adalah perubahan hormonal yang kemudian merangsang kelenjar penghasil minyak pada kulit. Nah, pada kelenjar penghasil minyak (sebasea) pada kulit ini pada masa remaja sangatlah aktif, sampai-sampai memproduksi minyak yang berlebih. Minyak yang diproduksi secara berlebih ini, nantinya akan mengering lalu mengelupas dan kemudian bakteri pun berkumpul dalam pori-pori kulit wajah sehingga membentuk komedo.Oleh karenanya, aliran minyak dari akar ramut (folikel) ke pori-pori pun akan tersumbat.

Sering ada yang bilang bahwa hindari makanan tertentu agar terhindar dari jerawat, namun faktanya makanan hanya berpengaruh sedikit atau tidak sama sekali.

Untuk mengatasi jerawat sebaiknya tidak dengan memencetnya karena akan memicu terjadinya kerusakan pada kulit. Nah, kalau sudah rusak alias berlubang biasanya akan sulit disembuhkan. Ada memang jalan untuk cara menghilangkan lubang bekas jerawat namun bertahap atau tidaklah instan karena biasanya kulit yang rusak sangatlah lama regenerasinya.

Salah satu tips yang mujarab agar terhindar dari jerawat adalah ketelatenan dalam membersihkan wajah, mengetahui jenis kulit wajah sehingga bisa memberikan perawatan yang tepat untuk wajah, dan jangan sembarang menyentuh wajah Anda dengan tangan yang belum dibersihkan terlebih dahulu. Rawatlah kulit wajah Anda sedini mungkin dan biasakan hidup sehat.

1 Response to "Penyebab Timbulnya Jerawat"

  1. "Thank you for nice information
    Please visit our website unimuda and uhamka"

    ReplyDelete

wdcfawqafwef